Panduan Pemakalah

Setiap pemakalah harus mengikuti panduan dalam penyiapan abstrak, pembuatan poster (khusus pemakalah poster), dan penulisan makalah lengkap sebagai berikut:

Abstrak ditulis pada abstract template dengan ketentuan:

  1. Judul: ditulis bilingual dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris; singkat dan jelas dan mencerminkan isi tulisan; masing-masing tidak lebih dari 18 kata
  2. Nama Penulis: ditulis dengan nama lengkap tanpa gelar; diikuti dengan afiliasi/institusi masing-masing; penulis utama harus dilengkapi dengan alamat korespondensi dan alamat surat elektronik (email).
  3. Abstrak: ditulis bilingual dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris; jumlah kata maksimal 200 kata; memuat latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan;
  4. Kata kunci: terdiri dari 4-6 kata kunci/keywords (versi Bahasa Indonesia dan English)

Abstrak diunggah saat melakukan registrasi untuk penyaji (klik di sini)

Poster dipersiapkan dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Ukuran: 84,1 cm x 118,2 cm (A0) 
  2. Orientasi: tegak (portrait)

Bagian yang ada di dalam poster:

  1. Bagian Judul: judul, nama penulis, afiliasi, corresponding email, logo institusi
  2. Bagian Isi: Abstrak (ditulis dalam bahasa Inggris), Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Diskusi, Kesimpulan, Referensi (terdiri dari beberapa referensi utama)
  3. Bagian Akhir: Dituliskan “Di presentasikan dalam :  Seminar Nasional Perkembangan Terkini Sains Farmasi & klinis  Ke -8 & Seminar Kelompok Kerja nasional Tumbuhan obat Indonesia Ke -56 (Padang – Indonesia, April 4-5, 2019)” disertai logo kegiatan

Panitia menyediakan papan poster dan perekat/pin. Poster dipasang sendiri oleh presenter sebelum acara dimulai.

Format Umum

Naskah diketik pada kertas berukuran A4 dengan margin 3 cm pada seluruh sisi. Huruf yang digunakan adalah Arial dengan ukuran 12 pts dan spasi 1,5. Naskah ditulis pada dokumen template artikel dengan aplikasi Microsoft Office Word (ekstensi .doc)

Bahasa

Menerima naskah dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Naskah harus ditulis mengikuti kaidah bahasa yang baik dan benar.

Komponen dalam Naskah

  1. Judul: ditulis bilingual dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris; singkat dan jelas dan mencerminkan isi tulisan; masing-masing tidak lebih dari 18 kata
  2. Nama Penulis: ditulis dengan nama lengkap tanpa gelar; diikuti dengan afiliasi/institusi masing-masing; penulis utama harus dilengkapi dengan alamat korespondensi dan alamat surat elektronik (email).
  3. Abstrak: ditulis bilingual dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris; jumlah kata maksimal 200 kata; memuat latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan; dilengkapi dengan 4-6 kata kunci/keywords. Singkatan harus disertai dengan kepanjangannya pada awal kemunculannya.
  4. Sistematika Naskah: Pendahuluan; Metode Penelitian; Hasil dan Diskusi; Kesimpulan; Ucapan Terima Kasih (jika diperlukan); Daftar Pustaka; Tabel; dan Gambar.
  5. Sitasi dan Daftar Pustaka: Rujukan kepustakaan di dalam naskah dibuat dengan sistem nomor yang diletakkan dalam tanda kurung siku []. Daftar Pustaka dibuat dengan format APA Style. Klik di sini untuk info lengkap.

Judul dan Abstrak Bahasa Inggris

  1. Judul dalam versi bahasa Inggris harus dituliskan di dalam naskah sesuai template. Untuk judul yang mengandung nama daerah, harus dilengkapi dengan kata “Indonesia”
  2. Abstrak bahasa Inggris harus ditulis dengan menggunakan tenses (tipe kalimat) yang sesuai. Klik di sini untuk info lengkap.

Tabel dan Gambar

Tabel harus memenuhi ketentuan berikut:

  1. Tabel diberi border/garis lengkap, baik pada bagian dalam antar kolom dan baris, maupun pada bagian luar (all borders)
  2. Semua tabel diberi nomor (Tabel 1, 2, dst) secara berurut yang dilanjutkan dengan judul tabel dan ditempatkan pada bagian atas tabel
  3. Judul tabel dibuat ringkas yang mendeskripsikan isi tabel secara jelas. Judul ditulis dengan sentence case (Huruf kapital pada awal kalimat judul)
  4. Simbol atau singkatan di dalam tabel hanya diperkenankan jika dilengkapi dengan keterangan pada bagian bawah tabel
  5. Setiap tabel yang dicantumkan harus disitasi di dalam naskah (Contoh: “…seperti yang tercantum di dalam Tabel 1”; “Tabel 3 menunjukkan hasil pengukuran…”)
  6. Semua tabel ditempatkan pada halaman baru setelah daftar pustaka (sesuai template).

Gambar dan Grafik

  1. Dipersiapkan dengan ukuran resolusi yang cukup sehingga gambar dapat dibaca dengan baik pada hasil akhir penerbitan.
  2. Semua gambar diberi nomor (Gambar 1, 2, dst) secara berurut yang dilanjutkan dengan keterangan gambar dan ditempatkan pada bagian bawah gambar.
  3. Keterangan gambar ditulis dengan Sentence case (huruf kapital di awal kalimat).
  4. Gambar berupa grafik (chart) harus disertai dengan axis title horizontal (sumbu x) dan vertikal (sumbu y) yang jelas dan dicetak tebal (bold). Grafik juga harus disertai legend jika diperlukan.
  5. Simbol dan singkatan yang tidak disertai penjelas pada gambar harus dijelaskan pada keterangan gambar.
  6. Gambar berupa mikrofoto (seperti hasil mikroskop dan sejenisnya) harus disertai dengan informasi perbesaran (magnification) pada keterangan gambar.
  7. Setiap gambar harus disitasi di dalam naskah (Contoh: “…seperti yang diperlihatkan oleh Gambar 2”; “Gambar 4 menunjukkan spektrum…”).
  8. Semua gambar ditempatkan pada halaman baru setelah tabel (sesuai template).

Daftar Pustaka

  1. Daftar Pustaka berisi referensi yang digunakan dan ditulis secara berurutan diawali dengan nomor sesuai dengan urutan kemunculannya
  2. Author diminta hanya menggunakan literatur primer yang terindeks oleh Google Scholar dalam rangka mempermudah verifikasi referensi.
  3. Daftar Pustaka ditulis dengan format APA style. Klik di sini untuk info lengkap.
  4. Referensi berupa sumber internet hanya diizinkan untuk tulisan yang bersumber dari website suatu organisasi atau lembaga resmi.
Close Menu